Mainan yang aman untuk Anak Anda

Posted on by admin

Mainan bisa menjadi bagian kenangan indah di masa kanak-kanak bagi setiap orang. Kadang pada saat kita beranjak dewasa kita masih sering mengenang mainan-mainan kita pada saat kita masih kecil. Masih ingatkah Anda dengan si Kitty?Dippy? Atau apa saja sebutan si mainan pada masa kanak-kanak Anda :-)

Selain menjadi kenangan di masa kecil, sebenarnya setiap mainan memberikan manfaat bagi perkembangan anak. Mainan yang baik bisa bermanfaat untuk perkembangan motorik halus dan motorik kasar bayi.

Sebagai Orang Tua ada beberapa panduan untuk membeli mainan yang aman dan menyenangkan tetapi pada saat yang bersamaan bisa bermanfaat juga untuk perkembangan si bayi. Berikut ini adalah beberapa panduan yang berguna:

1.       Perhatikan panduan umur yang disarankan oleh si manufaktur mainan.

Sebaiknya membeli mainan sesuai dengan umur yang disarankan dan juga level kemampuan Anak Anda. Mainan untuk anak dibawah 3 tahun biasanya mempunyai bagian-bagian yang besar, sebagai panduan Anda bisa mencoba apakah bagian mainan tersebut bisa cukup masuk ke dalam lubang rol tisu?( Ukuran pipa pernafasan Batita mempunyai ukuran kurang lebih sama seperti lubang tisu rol). Apabila bisa cukup masuk ke lubang tisu rol berarti mainan tersebut mungkin kurang tepat untuk Anak Anda.

2.       Mainan yang dioperasikan dengan baterai harus dipastikan menggunakan mur yang kencang

 Apabila baterai tidak dikencagkan dengan mur , mungkin bisa menyebabkan si bayi atau balita Anda dengan mudah membukanya. Baterai bisa menyebabkan keracunan, pendarahan dalam, dan lainnya apabila baterai tersebut bocor.

 3.       Hindari Mainan yang terlalu berat

Apabila anda merasa mainan tersebut terlalu berat atau besar untuk balita Anda, sebaiknya hindari membeli barang tersebut.

4.       Perhatikan mainan yang menggunakan cat

 Pastikan mainan balita Anda menggunakan cat yang aman karena bisa saja cat tersebut mengandung material yang berbahaya bagi Balita Anda. Karena seperti yang Anda ketahui Bayi suka menjilat dan memasukkan segala barang ke dalam mulutnya.

5.Perhatikan mainan Balita Anda apakah masih dalam kondisi yang baik?

Kebanyakan mainan anak menggunakan kancing kecil, magnet, atau bagian-bagian lain . perhatikan bahwa kancing atau magnet tersebut masih dalam kondisi yang baik sehingga tidak menyebabkan si kecil tersedak karena menelan material-material tersebut.

Semoga info diatas dapat berguna bagi Ibu-ibu sekalian dalam memilih mainan untuk Anak Anda.

This entry was posted in Umum. Bookmark the permalink.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>