Biang Keringat

Posted on by admin

Karena cuaca yang panas akhir-akhir ini membuat anak saya yang baru berumur 2,5 tahun sering garuk-garuk karena gatal…waktu saya cari tahu apa penyebabnya ternyata ada bintik-bintik merah di daerah sekitar kulit punggung, leher, paha dan bahu anak saya yang kelihatan seperti biang keringat.

Bingung mau diobati dengan apa lantas saya mencari tahu melalui internet dan buku. Apa sih yang menyebabkan timbulnya biang keringat ini ? Dan bagaimana cara saya mengobati atau setidaknya mengurangi gatal anak saya? Karena perlu Ibu-Ibu tahu, Saya ini tipe Ibu yang agak parno alias paranoid setiap kali saya harus memberi anak saya yang semata wayang ini obat-obatan :-) Kalau Ibu sama seperti saya, mungkin artikel di bawah ini bisa membantu  dalam memberi info bagaimana merawat kulit bayi yang mengalami biang keringat.

Penyebab

Biang keringat biasanya disebabkan oleh keringat berlebihan, biasanya di lingkungan yang panas dan lembab. Keringat yang berlebihan itu kemudian merusak sel-sel di permukaan kulit, membentuk lapisan yang kemudian memblokir keringat yang muncul dari kulit, dan lapisan yang bertumpuk di kulit itulah yang kemudian membentuk bintik-bintik merah yang biasa kita kenal dengan nama biang keringat (heat rash/prickly heat)

Pengobatan

Biang keringat sebenarnya tidak berbahaya dan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam 3 atau 4 hari. Tetapi kalau dalam kurun waktu tersebut biang keringatnya bertambah banyak dan disertai dengan gejala deman sebaiknya Ibu segera mengunjungi dokter anak Anda.

Berikut ini adalah beberapa pengobatan yang bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi biang keringat:

  1. Larutkan 1 sendok teh baking soda (bicarbonate of soda)dengan 1 gelas air dingin, kemudian basahi kapas dengan cairan diatas dan tepuk-tepuk kapas basah tersebut di area kulit yang terkena biang keringat.  Biarkan kulit yang telah diolesi larutan baking soda hingga kering. Setelah kering, bisa kemudian olesi biang keringat dengan cornflour (Jangan gunakan cornflour/bedak pada saat kulit masih basah/lembab. Pastikan kulit anak Ibu sudah kering sebelum dipakaikan cornflour/bedak)
  2. Selain cara di atas, bisa juga olesi biang keringat dengan lotion yang mengandung calamine.

Pencegahan

Apabila anak Ibu sudah bebas dari biang keringat, bisa dicoba langkah-langkah di bawah ini untuk mencegah biang keringat dari kembali muncul:

  1. Sering-sering mengganti baju anak anda yang basah oleh keringat
  2. Gunakan baju dengan bahan katun dan yang bisa menyerap keringat. Jangan gunakan pakaian berlebihan di cuaca yang panas karena akan memicu biang keringat terjadi kembali
  3. Jangan mandikan anak anda dengan air yang terlalu panas
  4. Apabila anak Ibu sedang mengalami biang keringat, jangan gosok kulit anak Ibu dengan handuk. Melainkan coba keringkan kulit anak dengan cara menepuk handuk dengan lembut untuk mengurangi friksi antara kulit dan handuk.
  5. Hindari penggunaan krim kulit atau moisturizer pada saat kulit anak ibu sedang mengalami biang keringat.

Semoga artikel diatas membantu Ibu-Ibu sekalian :-)

This entry was posted in Bayi, Perawatan Kulit, Umum. Bookmark the permalink.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>